Banner 728x90

Badala, Orang romawi Sudah Pakai Rempah Indonesia sejak 400th SM

Bookmark and Share
rempah-rempah Indonesia
Masyarakat Romawi Kuno ternyata sudah mengimpor dan menggunakan rempah-rempah asal Indonesia sejak 400 tahun sebelum Masehi.

Temuan itu berdasarkan penelitian sains di sebuah lokasi penggalian arkeologi di dekat Napoli, Italia selatan.

Riset pada sisa-sisa makanan dari era Romawi Kuno yang dilakukan oleh tim dari Universitas Cincinnati di Amerika Serikat menemukan bahwa masyarakat pada masa itu sudah mengonsumsi berbagai jenis makanan eksotik.

Tidak hanya berbagai jenis gandum dan buah impor, tetapi juga ikan asin dari Spanyol bahkan jerapah dan burung pelikan hingga rempah-rempah khas Indonesia.

Sepotong daging jerapah ditemukan di tempat sampah salah satu bangunan rumah kuno.

"Ini adalah satu-satunya jerapah yang ditemukan dari berbagai penggalian arkeologi di situs Romawi kuno Italia," kata pemimpin riset Steven Ellis.

Selama 10 tahun terakhir, Ellis dan timnya meneliti dua kompleks perumahan di Pompeii yang sempat terkubur debu dan lava vulkanis dari letusan Gunung Vesuvius.

Ellis mengatakan, temuan berbagai rempah dan bahan makanan eksotis itu menunjukkan bahwa masyarakat Pompeii memiliki "standar hidup yang tinggi" dan membalikkan "persepsi historis tentang pola makan orang Romawi".

source: kompas.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

terimakasih , anda telah berkomentar dengan sopan..