7 Tips Baterai Android Awet

Bookmark and Share
7 Tips Baterai Android Awet
Kebutuhan terhadap ponsel terutama smartphone tidak hanya sekedar untuk berkomunikasi melalui panggilan dan sms saja. Penggunaan beberapa fitur dengan beragam aplikasi pun semakin membuat smartphone android diminati oleh masyarakat. Dengan beragam aplikasi yang terinstal tentunya membuat smartphone android mengeluarkan banyak daya yang pada akhirnya mengakibatkan baterai android menjadi cepat habis. Untuk itu berikut beberapa tips menghemat baterai android:

1. Gunakan Jaringan Nirkabel Atau Wireless Sesuai Kebutuhan Saja
Aplikasi GPS, Wi-Fi, Bluetooth memakai daya baterai yang cukup besar apalagi bila digunakan pada saat    yang bersamaan. Alangkah lebih baiknya kamu mematikan aplikasi tersebut apabila sedang tidak digunakan.

2. Kurangi Screen Brightness Pada Android Kamu 
Layar Android yang terang tentunya akan membuat tampilan menjadi lebih jelas. Namun yang perlu kamu ketahui adalah semakin tinggi tingkat screen brightness maka semakin besar daya baterai yang dikeluarkan. Atur tingkat kecerahan pada level 30% saja sudah cukup.

3. Atur Screen Timeout Yang Paling Tepat
Screen timeout 15 detik barangkali terlalu cepat tapi 1 menit terlalu lama untuk membiarkan screen ponsel menyala. Semakin lama screen menyala akan mengurangi daya baterai android kamu. Pilihlah pengaturan screen timeout 30 detik. Cara mengaturnya ada di Settings > Screen & display > Screen timeout.

4. Cek Mobile Data Pada Android Kamu
Menu mobile data ini standarnya memang aktif di android kamu. Jika pada keadaan aktif, maka fitur ini akan membuat ponsel kamu terus terkoneksi pada internet. Fungsinya adalah untuk mendapatkan berbagai notifikasi, meski kenyataannya ketika kamu mematikan fitur itu, notifikasi Gmail dan GTalk tetap bisa kamu terima. Maka alangkah lebih baiknya untuk menonaktifkan pilihan Always-On pada Mobile Data. Tapi untuk aplikasi lain yang membutuhkan koneksi internet pastinya Mobile Data ini harus dalam keadaan aktif. Untuk mengaturnya silakan menuju Settings > Wireless & networks > Mobile networks > Enable always-on mobile data.

5. Pilih Wallpaper Statis.
Jangan gunakan wallpaper yang memperberat kinerja procecor seperti LiveWallpaper dan wallpaper animasi. Lebih baik gunakan wallpaper statis biasa yang tidak bergerak.

6. Automatic Updates
Gunakan interval yang tepat untuk automatic updates. Pada dasarnya kamu tidak membutuhkan automatic update kecuali pada email yang selalu ingin kamu pantau. Kamu bisa memilih waktu yang tepat untuk mendapatkan automatic updates, bahkan kamu pun bisa mengesetnya dalam keadaan OFF.

7. Gunakan Aplikasi Penghemat Baterai
Aplikasi penghemat baterai ini cukup efektif untuk digunakan oleh para pengguna android. Untuk mengunduhnya slahkan kunjungi android market dari ponsel kamu.

Nah itu tadi beberapa tips untuk menghemat baterai android kamu yang bisa kamu coba sendiri dirumah. Semoga bisa diaplikasikan sesuai keinginan dan kebutuhan smartphone android anda.


source: krjogja.com

{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

terimakasih , anda telah berkomentar dengan sopan..