Banner 728x90

Tips mudik dengan Sepeda Motor

Bookmark and Share
Sebentar lagi lebaran akan segera datang. bagi Anda yang berada diperantauan, mudik adalah ritual tahunan untuk berpulang ke kampung halaman bersilaturahmi dengan orang tua beserta anggota keluarga maupun saudara-saudara yang lainnya. Untuk menuju kampung halaman ada baiknya Anda menggunakan alat transportasi massal seperti pesawat terbang ( montor mabur na nduwur), kereta api atau bus (wah klo ini banyak yang gratisan tuch di acara mudik bareng yang diadakan berbagai korporasi atau perusahaan sebagai bentuk CSR mereka kepada masyarakat).

lha ,gw kan pengen hemat..!!!?? (aku pengen ngirit, THR ku sithik soale) ,selain murah, ngak ribet, itu satu dari beberapa alasan kenapa banyak orang menggunakan sepeda motor. Sepeda motor bisa menjadi solusi alternatif untuk sarana mudik lebaran. Namun karena sepeda motor bukan diciptakan sebagai alat transportasi jarak jauh maka Anda harus melakukan persiapan-persiapan sebelum perjalanan dan selalu extra hati-hati diperjalanan. berikut beberapa tips ketika Anda mudik menggunakan sepeda motor. 

1. cek mesin dan sistem rem. serta kelengkapannya seperti spion, Lampu-lampu, lampu utama jauh dekat, lampu sein dan lampu belakang atau lampu rem. Jangan lupa juga cek oli-nya, kalau perlu bawa ke bengkel terlebih dahulu untuk memastikan kesiapan sepeda motornya.

2. Siapkan SIM atau STNK untuk dibawa dalam perjalanan. Bawa kunci atau peralatan secukupnya juga seperti obeng , kunci busi, tang, dll untuk mengantisipasi jika terjadi masalah dengan teknis kendaraan.

3. sebelum melakukan perjalanan ada baiknya cek dan pelajari standard safety untuk jarak jauh.
Pengendara maupun penumpang harus menggunakan helm standar, sepatu, jaket, masker, dan sarung tangan. Bawa bekal makanan / barang secukupnya sehingga tidak melebihi kapasitas.satu motor maksimal 2 orang (pengendara + 1 pembonceng, jangan lebih!! selain berbahaya juga bisa kena tilang loh)

3. Siapkan jas hujan. Persiapan ini sangat penting dan jangan sampai tertinggal lantaran kita tidak pernah bisa memprediksi cuaca selama perjalanan mudik berlangsung.

4. selama dalam perjalanan Sebaiknya pemudik sepeda motor istirahat cukup setiap delapan jam. makan dan minum yang cukup agar tubuh selalu fit selama dlm perjalanan (kecuali kalo perjalanan siang dan anda sedang berpuasa). ingat masbrow/sist, mudik adalah perjalanan panjang.Jangan tunggu capek. Kalau mau aman, harus sengaja diistirahatkan. Jangan dipaksakan.

Selalu patuhi rambu-rambu lalu lintas dan marka jalan agar Anda selamat selama perjalanan mudik lebaran. peraturan lalu lintas dibuat untuk membuat tertib dan membuat selamat para pemakai jalan. Siapapun kepengen cepet sampai tujuan, tetapi kita harus menyadari, bahwa bukan kita saja yang memakai jalan.

Utamakanlah keselamatan, belajarlah bertoleransi antar pengguna jalan, niscaya Anda akan merasa aman dan nyaman selama didalam perjalanan. nikmatilah perjalanan mudikmu.. keluargamu dan orang-orang yang menyayangimu menunggu dikampung halaman.


{ 0 komentar... Views All / Send Comment! }

Posting Komentar

terimakasih , anda telah berkomentar dengan sopan..